Selasa, 06 Januari 2009

Koboi Cilik

Kaki Diinjak, Bocah 4 Tahun Tembak Pengasuh

OHIO, SELASA — Bocah laki-laki berusia empat tahun menembak pengasuhnya, Nathan Beavers (18), karena secara tak sengaja menginjak kakinya di Jackson, Ohio, demikian laporan media setempat.

Saat peristiwa penembakan itu terjadi, Nathan Beavers dan beberapa remaja lain sedang mengasuh beberapa anak kecil di satu rumah mobil, Minggu (4/1).

Polisi menyatakan, bocah laki-laki yang berusia empat tahun tersebut marah karena Beavers secara tak sengaja menginjak kakinya. Beberapa saksi mata mengatakan kepada polisi bahwa anak itu menemukan senjata genggam dari lemari dinding kamar tidur dan menembak Beavers.

Beavers dan seorang remaja lain dirawat di rumah sakit karena menderita luka ringan di pinggang dan lengannya, kata polisi.

Sheriff Jackson County John Shashteen mengatakan, pihak berwenang sedang menyelidiki kasus penembakan tersebut. Bocah laki-laki itu belum dikenakan dakwaan. ant

KOMPAS, 6 Januari 2009

Kejadian 'Koboi Cilik' di Amerika ini bukanlah satu-satunya yang sebenarnya terjadi di belahan dunia lain, dahulu, kini, dan untuk masa depan. Hanya saja baru terekspos kemarin. Kejadian ini sesungguhnya merupakan dasar dari kesalahan mendidik orang tua.

Usia sekitar 4 tahun-an merupakan usia di mana seorang manusia paling dapat meniru dan mengambil makna dari hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Maka, apabila terjadi kasus di mana seorang anak menembak pengasuhnya hanya karena tak kesengajaan menginjak kaki, apakah hal tersebut mencerminkan perilaku keluarganya? Apalagi senjata yang digunakan tidak tanggung-tanggung, senjata api.

Yang membuat miris adalah fakta bahwa anak tersebut memang mengetahui benda apa yang ia tujukan kepada sang pengasuh beserta fungsinya. Tahu dari mana dia kalau bukan dari orang tua?

Tidak ada komentar: