Kamis, 25 Juni 2009

Banyak Bangetlah, Cuy...

Ca'pan (Calon panitia) PROKM dari ITB angkatan 2008 telah diberi tugas membuat milis. Awalnya dulu pernah Adms punya ide terus ngomong ke saya minta bikinin milis buat 2008, tapi pas banget saat saya bikin milis, yahoogroups-nya eror. Walhasil milisnya ga jadi. Untunglah kakak PROKM menyuruh kita (2008) bikin milis. Dan langsung jadi. Dibikin oleh Sukma.

Sayangnya, milis ini jadi semacam forum. Buat saya sih jadi tidak efektif. Karena setiap posting-an, semuanya muncul ke dalam email anggotanya. Walhasil, email saya dan anggota2 lain pasti jadi penuh oleh posting-an anak2 yang sebenarnya berputar pada tema itu-itu saja. Menanggapi satu info yang sudah jelas. Ada yang memprotes, ada yang memberi saran, ada yang menanggapi protesan. Macam2lah.

Kalau menurut saya (yang sudah menjadi pusing oleh inboks di email yang semakin penuh,) milis cukup dibuat satu arah. Jadi adminnya saja yang mengatur posting-an mana yang layak dipublikasikan dengan syarat posting-an itu sudah cukup mewakili informasi yang ingin disampaikan. Kalau ingin berdiskusi, lebih baik buat forum. Nah...yang terjadi dengan milis itb_angkatan_2008 ini, ya itu. Menjadi forum, tempat berdiskusi.

Nggak apa-apa sih kalau mau diskusi, tapi efeknya, akan lebih banyak anggota2 milis yang MALAS untuk membaca posting-an2 tersebut yang sudah bejibun. Padahal milis ini kan fungsi utamanya memberi informasi. Kalau malas membaca, ya bisa kelewatan informasi dong.

Yah posting-an ini sih sekedar curhat...

Tidak ada komentar: