Senin, 14 September 2009

ZWE dalam BUBAR-IN TL

ZWE? Apa itu? Apalagi lah kalau bukan Zero Waste Event. Yap. Zero Waste Event dalam Buka Bareng Insan Teknik Lingkungan. Kegiatan buka puasa bareng antara TL08 dengan HMTL ini dilaksanakan tanggal 10 September 2009 di selasar GKU Timur dengan konsep acara Zero Waste Event.

Ayo kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya Zero Waste itu?

“Zero Waste berarti memanfaatkan sampah semaksimal mungkin dengan cara pengolahan yang terintegrasi, sedekat mungkin dari sumber sampah, dan dapat menghasilkan produk baru atau bahan daur ulang dan meningkatkan pendapatan masyarakat.” (sumber)

Sedikit bahasa dewa sepertinya, tapi ya intinya adalah minimalisasi sampah. Dalam acara BUBAR-IN TL kemarin, kami benar2 memikirkan setiap sampah yang diperkirakan akan muncul, tidak lupa mekanisme pembuangan, dan akan ke mana sampah tersebut setelah kegiatan selesai.

Dari segi properti, untuk shalat berjamaah, kami tidak menggunakan koran seperti pada saat lebaran, melainkan ponco (jas hujan) bersih sebagai alas shalat.

Untuk pemberian nama2 kelompok dan daftar absensi, kami menggunakan kertas reuse, yakni kertas yang salah satu bagiannya sudah terisi namun bagian di baliknya masih kosong.

Dalam acara kemarin pun, tempat sampah dibagi menjadi 3 jenis, yakni sampah organik ( con : sisa makanan & daun pisang), sampah non-organik & tak terpakai yang dibagi lagi menjadi dua tempat sampah (con : kardus bekas makanan berat, tissue, kertas reuse bekas nama kelompok, sendok plastic, gelas tajil), dan sampah dapat dipakai lagi u/ dekor wisuda ^_^ (con : gelas aqua).

Pemilahan jenis sampah ini intinya adalah mengajarkan mahasiswa untuk mau memilah sampah SENDIRI. Pemilahannya pun dinilai efektif dan jelas akhirnya akan ke mana sampah2 tersebut. Sampah membusuk akan dibawa oleh petugas kebersihan esok paginya (kami tidak bisa mengusahakan petugas kebersihan mau datang ke kampus pada malam hari), sampah jenis kedua -aduh saya lupa kalau yang ini diserahkan ke mana- , sampah jenis ketiga untuk sementara disemayamkan di tempat Agni TL08 karena basecamp Bhupalaka belum jadi (in reconstruction).

Dari segi pelaksanaan, lumayan membuat antre. Ya iyalah. Ada 3 jenis sampah yang harus dibuang dalam 3 tempat berbeda hanya dari satu kotak makanan berat. Belum lagi tajil dll. Untunglah hal ini sudah diperkirakan oleh Lieke, PJ ZWE untuk acara ini. Beberapa orang sudah ditempatkan di sekitar 3 tempat sampah untuk membantu mekanisme pembuangan sekaligus mengingatkan kembali jenis2 sampah yang akan dibuang.

Mungkin segitu saja beberapa hal yang bisa dibagi oleh saya, salah satu Bhupalaka. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

Pribadi mengatakan...

sayangnya pas PROKM lalu yg ktnya zero waste event... pasca pro km... banyak kali panji taplok yg numpuk di TVST bawah

swsn mengatakan...

sekarang 'dah beres panjinya ^^
tapi mesti diingetin melulu(bahkan dikasih embel2 pin taplok biar diberesin)

PROKM zero waste event?
OHU yang zero waste event, di situ kelihatan deh kalo masih terlalu banyak orang belum sadar pentingnya meminimalisasi keberadaan sampah

Anonim mengatakan...

gw bangga can pas bubar-in TL kmaren gw ikutan milah2 sampah. tangan kotor2 dikit tak masalah. haha

kalo pas OHU susah soalnya ngelibatin pihak luar juga. terutama stand makanan. kita udah nekenin zero waste event, tapi mereka juga tetep jualan pake styrofoam. yaaah