Sabtu, 19 September 2009

ITB FAIR 2010


BERSINAR
::Bergerak :: Sinergi :: Berkarya

Contact :
Facebook
Plurk

It's not just a title
Sudah sebuah kepastian bahwa ITB, sebagai Institut Seni, Sains, dan Teknologi memiliki ragam potensi. Potensi-potensi ini kini tidak dapat dipungkiri memiliki perbedaan satu sama lain, namun yang paling utama disini adalah ragam keprofesian. Ragam inilah yang menjadi dasar dari mahasiswa ITB. Ragam ini pulalah yang menjadi kebutuhan dasar dan faktor identitas dari mahasiswa ITB.

Untuk menjawab hal-hal itu, tergagaslah ide Ganesha Bersinar, yang diwujudkan dalam ITB FAIR 2010. Yang proses keberlangsungannya akan diadakan dalam 2-3 hari. Namun, sebenarnya titik gerakan utama ini berasal dari gerakan 5 bulan yang akan memiliki dampak berjangka panjang.

Bagaimana dengan langkah-langkahnya?
BERGERAK yaitu sebagai aksi memfasilitasi gerakan-gerakan keprofesian yang telah tersebar di berbagai himpunan mahasiswa jurusan
SINERGIS
sebagai aksis memeratakan kemampuan keprofesian KM ITB
BERKARYA sebagai penginspirasi atas pergerakan dunia keprofesian

Tujuan utama diadakan ITB FAIR 2010 itu sendiri adalah,
"Mensinergikan gerakan keprofesian ITB dengan menciptakan muara gerak pengembangan komunitas sebagai suatu semangat bersama agar tercipta suatu `new movement of students' di Indonesia".
:: puncak eskalasi Kabinet KM ITB, inisiasi berkreasi dan berkarya,manfaat bagi orang lain, kolaborasi dan prestise dan apresiasi ::

ITBFAIR 2010 menjadi :
1.Puncak kegiatan Keprofesian mahasiswa
2.Memberi manfaat secara langsung kepada Masyarakat (ex.instalasi karya) juga secara tidak langsung kepada masyarakat (ex.pendidikan, informasi)
3.Momentum inovasi IPTEKS sebagai solusi permasalahan yang ada
4.Mendorong partisipasi, komunikasi dan kolaborasi lintas keprofesian maupun sinergisasi dan kerjasama dengan berbagai pihak


(The Event.. National Scale, Once In Two Years)
this is OUR BIG MOVEMENT !

Latar belakang dan tujuan ITBFAIR 2010 , dituangkan dalam berbagai bentuk rangkaian acara:
1) Community Development Contess (CDC) :
CDC melombakan gagasan mahasiswa dari lintas jurusan untuk bersama- sama memecahkan suatu permasalahan di masyarakat berupa rancangan program pengembangan komunitas. Basis peserta merupakan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang berkolaborasi bersama HMJ lainnya dan peserta dari perguruan tinggi lain.
2) Idea Mall
Mall ide adalah suatu wahana tempat berkumpulnya berbagai ide yang inspiratif. Konsep mall ide terdiri dari berbagai display karya expertise di bidang pengembangan komunitas (LSM), display karya expertise yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.
3) Konferensi Mahasiswa
Kehadiran mahasiswa Indonesia diharapkan mampu dimanfaatkan secara lebih. Mahasiswa dari seluruh Indonesia diharapkan mampu saling bertukar pikiran akan isu integrasi keprofesian dengan pengembangan komunitas.
4) Expo
Publikasi karya umum mahasiwa ITB dan Pameran karya dan inovasi mahasiswa.
5) Karnaval
Karnaval merupakan suatu trademark positif.
6) Art and music performance
Seni dan musik adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Penampilan seni dan musik diharapkan mampu menyemarakkan ITB FAIR 2010.
7) Launching Majalah
Majalah keprofesian ITB diharapkan mampu menjadi enzim penjaga sustainability budaya berkarya di ITB khusunya dan mahasiswa Indonesia umumnya. Konsep majalah keprofesian ini akan dibuat paperless alias digital yang dipasarkan melalui situs- situs jejaring sosial.
8) Community Service
Kegiatan ini dimaksudkan agar ITB FAIR 2010 tetap membumi dengan melakukan langkah konkret jangka pendek kepada masyarakat.
9) Zero waste event
10) Kegiatan-kegiatan lainnya yang ternaung didalam PRE and EVENT.
11) Etc.




::we wait you::
to support this event


1 komentar:

Anonim mengatakan...

ini tanggal berapa direncanakan buat di launch event nya??

udah di konsep bagus bagus, tapi ga jelas deadlinenya kapan.. hmm..