Senin, 19 Januari 2009

Gak Kalah Sama MADTARI

Gak Kalah Sama MADTARI

Saya mau cerita tentang setengah hari dan setengah malam saya tanggal 18 kemarin. Saya enaknya mulai dari mana ya? Mulai dari jam 5 sore saja, yang mananya saya masih di warnet namanya Pandusiswi kalau saya tidak salah, yang mana berarti saya benar. Saya menyudahi nge-warnet saya yang menghabiskan uang 10.500 rupiah. Lalu saya diam sejenak di depan pintu warnet. Saya kepikiran mau makan lumpia basah.

Tapi saya pulang dulu ke kost-an, mau shalat ashar. Habis itu beli makan yang rencananya buat makan malam, tapi jadinya saya makan langsung setelah dibeli. Tapi ternyata perut seolah-olah punya perut, jadinya si perut saya minta diisi lagi perutnya. Saya yang tadi mau makan lumpia basah akhirnya jalan ke Simpang, mau menemukan lumpia basah dan memakannya.

Saya lalu menyeberang ke seberang, karena kalau menyeberang ke tepian rasanya tidak lazim. Di sana saya masuk jajaran pasar Simpang. Saya berkeliling muter-muter berkali-kali untuk menemukan gerobak bertuliskan “lumpia basah”, tapi nyatanya berjalan sudah sampai ke Dipati Ukur dan kesasar di Tubagus Ismail, saya belum menemukan penjual lumpia basah juga.

Sambil melirik-lirik saya ketemu sama penjual cireng berisi. Setahu saya diisi semacam keju atau sosis atau bakso. Biasanya sih begitu. Tapi saya lewati saja karena saya maunya ketemu lumpia basah, bukan cireng isi. Tapi memang berkali-kali dicari bolak balik belum ketemu juga.

Saya tiba-tiba kepikiran ingin makan keju. Tapi kalau cireng isi keju yang dulu pernah saya beli isi kejunya cuma se-upil. Bahkan mungkin upil saya pernah lebih besar dan lebih banyak kalau dikumpulin. Akhirnya saya masuk ke sebuah took di Simpang, mencari keju batangan. Ada keju CHEDDAR (sebut saja merek, biar sekalian promosi). Harganya 17.500 rupiah. Wah…mahal ah. Jadi saya tidak beli.

Karena berkeliling tidak menemukan lumpia basah, kaki saya sepertinya punya kaki sendiri. Masa’ dia jalan ke arah penjual cireng isi. Kan saya jadi kebawa. Ya sudah, saya beli cireng isi keju 2 dan 1 isi sosis pedas. Semuanya 3 ribu. Lumayan. Karena kalau di depan ITB, 1 harganya 1.200/1.500. kurang ajar itu tukang cireng ITB. Mengorupsi uang saya.

Lalu saya pulang deh ke depan kosan. Tapi sesampainya saya di depan pagar, saya tiba-tiba jadi mau makan keju yang banyak. Mengingat waktu di handphone saya ada tulisannya angka 18.49, jadinya saya masuk ke kost-an dulu untuk shalat maghrib. Saya kan masih ingat Tuhan yang sudah menganugerahi saya hasrat makan keju hari ini.

Setelah shalat, saya keluar lagi. Kaki saya menyuruh kakinya dia untuk membawa saya berjalan ke arah Indomaret. Saya mau beli keju batang. Sampai di sana, saya bersyukur karena harga keju CHEDDAR 180 mg harganya 17.300 rupiah, 200 perak lebih murah dari yang di Simpang. Jadinya saya beli itu keju.

Pas mau masuk ke gang kost-an, saya tiba-tiba mau makan kwetiaw. Jadi saya bukan belok ke kiri masuk gang, saya tapinya lurus mau beli kwetiaw di dekat belokan jalan Cisitu. Saya masuk ke warungnya, pesan 1 kwetiaw goreng. Lalu saya duduk menunggu di kursinya.

Karena benar-benar lapar, keju batangnya saya buka lalu saya mulai makanin itu keju batang. Yang paling ujungnya itu paling nikmat. Gigitan pertama di ujungnya yang bentuknya masih lancip. Paling mantap. Tapinya orang yang merokok di depan-agak-ke-kanan saya sempat bengong melihat saya. Terus dia berpaling, melanjutkan merokoknya. Saya yakin dia sebenarnya mau minta keju batang saya, tapi tidak akan saya kasih. Kalau dia kena rabies bekas liur saya, saya tidak mau tanggung jawab. Salah sendiri kenapa dia tidak beli keju batang seperti yang lagi saya makanin.

Abang tukang masak kwetiaw juga gitu. Dia bertanya pedas atau tidak, tapi sempat bengong melihat saya makanin keju batang baru. Dia pasti juga mau minta sama saya. Kasihan. Sudah susah-susah masakin kwetiaw buat saya, masa’ nggak saya kasih imbalan. Tapi nggak mau saya, nanti kalau saya kasih keju dia malah nggak masakin kwetiaw buat saya.

Sudah masak, sudah dibungkus, saya bayar kwetiaw-nya. Lalu sampai di kost-an, saya dan Sapi yang selalu numpang nonton TV di kamar saya tiap malam, menonton TV lagi malam ini. Nonton Trans TV. Saya buka kwetiaw lalu tengkurap dengan garpu di tangan kanan dan keju batang di tangan kiri. Saya tengkurap bukannya mau tidur dengan muka di atas kwetiaw, tapi saya sedang meniru kebiasaan makan teman saya.

Setelah makan kwetiaw pakai keju, saya melanjutkan makan cireng isi yang tadi beli di Simpang. Pakai keju banyak juga. Saya baru ingat kalau punya pisau, tapi malas mengambilnya jadi saya lanjut makanin saja keju batangnya langsung pakai mulut. Saya pokoknya makan berat banyak dan makan keju banyak malam itu. Gak kalah sama waktu di Madtari yang sampai eneg makanin keju parutnya. Malam ini saya makanin kejunya pas di bentuk batang, bukan diparut. Ternyata lebih puas karena bisa gigit gede-gede.



Tidak ada komentar: